Jumlah pengunjung

Sabtu, 24 September 2011

Sejarah Komputer

Tahukah Anda?
bahwa komputer dulu adalah sebuah benda yang sering berdiri tegak di meja kasir toko kelontong seperti ini?




Dari akar katanya, komputer berasal dari kata to compute yg berarti menghitung. Kemudian pada tahun 1917, John Napier menemukan cara berhitung dengan bael bujur sangkar yang terdiri dari kolom 9x9 yang masing" berisi angka 1-9.
Awal mula komputer sebenarnya dibentuk oleh Charles Babbage yang membuat difference engine, yang menggunakan mesin uap. 10 tahun kemudian dia membuat komputer general purpose pertama, yang disebut Analytical Engine, yang merupakan alat komputasi pertama yang menggunakan kartu yang dilubangi untuk menyimpan data.

Pada tahun 1890, Herman Hollerith dan Biro Sensus AS berhasil menciptakan mesin punched card countingyang menggunakan punch card sebagai media datanya, sehingga membuat nama Herman Hollerith dijuluki sebagai bapak komputer modern.
Di tahun 1944, Howard Aiken dan Harvard University yang bekerja sama dengan IBM (International Bussiness Machines), berhasil membuat sebuah mesin komputeryang mampu melaksanakan serentetan operasi aritmatika secara otomatis. Seiring perkembangan jaman, perkembangan teknologi komputer dapat dibedakan menjadi 3:
A. Komputer Generasi Pertama


Dikembangkan pada PD II. Memiliki bagian yang besar, memakan tenaga yang sangat banyak merupakan kelemahannya

B. Komputer Generasi II
Ukuran komputer berkurang drastis dari komputer yang diatas. Memori lebih banyak, lebih kecil , lebih mudah, lebih dapat diandalkan daripada komputer jaman PD II diatas.

C. Komputer Generasi III

Komponen transistor pada komputer generasi II digantikan dengan integreted circuit (IC). IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam  sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Dalam komputer ini sudah dikenal penggunaan operating sistem. Selain itu penggunaan energi yang lebih kecil juga termasuk kelebihan lainnya.

D. Komputer Generasi IV

Tujuan pengembangan komputer pada generasi ini adalah mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen" elektrik. Komputer sudah menggunakan LSI (Large Scale Integration). LSI memuat ratusan komponen ke dalam sebuah chip. Dalam generasi ini, dikembangkan komputer micro yang menggunakan microprocessor dan semiconductor, untuk memori komputer yang berbentu chip.
Komputer yang kita kenal sekarang seperti ipad, laptop, PC, dll adalah segelintir komputer yang masuk dalam golongan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar